cara-cara mempercepat ponsel android agar tidak lemot dan lambat

sumber gambar: pixabay

android, siapa yg tidak tau si robot hijau yg banyak digemari orang ini. sejak awal kemunculan banyak menyedot perhatian publik karena kecanggihannya dan kaya akan fitur.
tapi seiring berjalannya waktu perangkat android dari yg awalnya lancar lancar saja lama lama menjadi lemot, nah ini yg paling ngeselin gan. pasti gak enak banget kalo misalkan lagi enak enak ngetik nih tiba tiba keyboardnya gak jalan terus jadi ngetik sendiri tanpa disentuh(pengalaman). pasti ada cara cara untuk mengatasinya kan?. nah saya akan memberikan cara mempercepat kinerja android agar tidak lemot dan lelet. langsung saja cara cara mempercepat android agar tidak lemot dan lelet versi saya:

1. hapus aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting

segera hapus aplikasi yg gak penting-penting amat gan untuk memberi ruang kosong pada RAM agar hp android tidak terlalu lemot.

sumber gambar: detik.com

2. download aplikasi penghapus berkas sampah

download aja langsung gan aplikasi pembersih berkas sampah seperti, cle*n m*ster. menumpuknya file file sampah memang membuat hp kita akan terasa sangat lelet.
sumber gambar: id.techinasia.com

3. pasang ROM khusus

kalo ini hp anda harus di root dulu gan. ROM, pada dasarnya adalah versi android yang terpasang pada ponsel. biasanya ada ROM khusus yg tidak resmi bekerja lebih baik daripada yang resmi dan  bisa memecahkan masalah kelambatan android. namun cara ini tidak saya rekomendasikan karena bisa saja ROM yang dipasang mengalami kerusakan.
sumber gambar: hargaTekno.com

4. hapus aplikasi bawaan ponsel anda yg tidak terlalu penting dengan ROOT ponsel anda terlebih dahulu

melakukan root pada ponsel memang banyak resiko seperti garansi ponsel menjadi tidak berlaku dll.
Setelah di root anda akan diberi hak penuh untuk mengotak atik android anda termasuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaan yg dirasa tidak terlalu penting. dengan cara ini tentu akan memberikan ruang pada memory ponsel dan yang pasti ponsel android anda akan terasa tidak lemot.

cukup sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat


1 Response to "cara-cara mempercepat ponsel android agar tidak lemot dan lambat"